3 Strategi Bisnis dalam Menerapkan Creating Shared Value di Sebuah Perusahaan

3 Strategi Bisnis dalam Menerapkan Creating Shared Value di Sebuah Perusahaan

Others

Creating Shared Value adalah sebuah konsep bisnis yang di buat oleh Michael Porter dan Mark Kramer karena keresahan mereka terhadap konsep bisnis yang di jalankan saat itu pada tahun 2006. Creating shared value (CSV) adalah sebuah kebijakan yang mampu meningkatkan daya saing dalam sebuah perusahaan yang bergerak industri serta memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan sosial bagi masyarakat yang berada di sekitar perusahaan tersebut. Dengan konsep CSV maka akan mudah mendekteksi, menghubungkan, menganalisis serta memperbesar hubungan dengan masyarakat terhadap isu sosial dan kondisi ekonomi.

Michael Porter dan Mark Kramer membuat konsep CSV dari hasil pengembangan konsep CSR (Corporate social responsibility) yang sebelumnya di gunakan para pengusaha tapi hanya menguntung satu belah pihak yaitu pengusaha tanpa memikirkan dampak kesejahteraan sosial bagi masyarakat sosial. Berdasarkan konsep CSV yang di buat oleh Michael Porter dan Mark Kramer maka selain pengusaha memikirkan keutungan yang di hasilkan oleh perusahaan yang di jalankan tapi juga memikirkan manfaat bagi masyarakat jadi perusahaan yang di jalankan memberi keuntungan bagi kedua belah pihak.

Secara umum Creating Shared Value terbagi menjadi tiga strategi yang bisa di terapkan dalam sebuah perusahaan di antarnaya sebagai berikut

  1. Reconceiving Products and Market

Secara umum sangat sedikit referensi  terkait strategi bisnis yang berbahasa Indonesia tapi mengenai Reconceiving Products and Market adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang industri yang berfokus pada memenuhi kebutuhan di masyarakat dan dapat di akses oleh seluruh lapisan masyarakat. Sebagai contoh sebuah perusahaan membuat sabun cuci tangan dengan kualtias baik yang bisa di dapatkan oleh masyarakat kebawah, menengah serta atas dengan harga terjangkau.

  1. Redefining Productivity in Value Chain

Perusahan dapat meningkatkan produktivitas dengan memperkecil resiko dengan memperkecil resiko terjadinya bencana dengan melakukan pembangunan ulang. Hal ini tidak hanya hubungan antara perusahaan dengan masyarakat tapi juga terhadap sumber daya alam, karyawan dll

Contoh sederhana yang mana perusahaan produksi kertas ingin meningkatkan produksi akan melakukan penebangan pohon dengan jumlah lebih banyak. Maka perusahaan tersebut harus melakukan reboisasi atau penanaman pohon ulang secara mandiri tanpa mengandalkan pertumbuhan bibit dari alam.

  1. Local Cluster Development Shared Value

Berdirinya perusahan sangat di pengaruhi oleh faktor eksternal yang setiap produktivitasnya pasti di pengaruhi oleh faktor tersebut. Maka dari itu perusahaan akan melakukan support system yang membuat lingkungan pada perusahaan tersebut mampu meningkatkan sumber daya alam serta sumber daya manusia.

Jadi secara umum setiap perusahaan yang bergerak di bidang industri tertentu akan menerapkan 3 strategi di atas meskipun di beberapa kasus ada perusahan yang menerapkan lebih dari satu strategi.