7 Varian Kopi Berbahan Dasar Espresso Piccolo Dolce Gusto

7 Varian Kopi Berbahan Dasar Espresso Piccolo Dolce Gusto

Others

Kopi saat ini menjadi salah satu minuman yang digemari banyak orang karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Dengan hadirnya mesin nescafe Piccolo Dolce Gusto, membuat kopi espresso sendiri di rumah menjadi lebih mudah dan murah. Ada beberapa varian kopi yang bisa dibuat dengan bahan dasar Espresso dari mesin ini, beberapa di antaranya yaitu:

1. Short Macchiato

Varian macchiato merupakan jenis kopi yang berbahan dasar espresso tetapi diberi tambahan sedikit susu panas. Hasil dari menu ini tentu saja kopi yang punya cita rasa lebih lembut dibandingkan espresso sendiri. Menu ini bisa dikombinasikan sendiri dengan sejumlah susu panas tertentu sesuai dengan selera masing-masing.

2. Long Macchiato

Jika short macchiato terasa terlalu lembut dan ingin varian rasa yang lebih kuat, maka ada varian long macchiato. Pembuatannya sama-sama menambahkan susu hangat, bedanya long macchiato menggunakan dua shot espresso di satu cangkirnya. Hasilnya adalah cita rasa kopi yang lebih kuat tetapi juga punya rasa lembut dari susu yang dicampurkan.

3. Americano

Selanjutnya adalah varian kopi yang pembuatannya sangat mudah yaitu Americano yang hanya perlu menambahkan air hangat ke espresso. Umumnya, Americano dibuat dengan perbandingan satu banding dua, jadi satu shot espresso akan ditambahkan dengan dua kali lipat air hangat. Sensasi meminum kopi satu ini terasa lebih ringan saja dan tidak sekuat varian espresso.

4. Latte

Ada juga varian kopi terkenal yang bisa dibuat dengan espresso yaitu latte yang menggunakan tambahan susu panas serta busa mikro. Susu panas dipakai untuk melembutkan rasa dari espresso yang kuat kemudian busa mikro dipakai untuk hiasan serta sensasi tekstur berbeda. Varian kopi ini jauh lebih ringan dibanding espresso serta punya cita rasa lebih manis karena susunya.

5. Cappuccino

Dengan bahan yang sama seperti pembuatan latte, ternyata ada perbedaan cukup signifikan antara latte dan cappuccino. Cappuccino punya layer busa susu pada bagian atas espresso yang lebih tebal sehingga membuat tekstur kopi terasa lebih ringan.

6. Flat White

Flat white tidak memiliki keistimewaan dari segi tekstur ketika dinikmati karena bahan yang digunakan juga hanya espresso dan susu panas. Flat white sedikit mirip dengan short macchiato yakni hanya tinggal mencampur antara satu shot espresso dengan susu.

7. Piccolo

Terakhir ada varian piccolo latte yang biasanya dibuat dalam cangkir kecil espresso itu sendiri. Kopi ini punya cita rasa yang kuat mengingat komposisi espresso lebih banyak tetapi cukup ringan karena ada campuran susu serta busa.

Sebenarnya, espresso dari mesin Piccolo Dolce Gusto bisa dipakai untuk menciptakan lebih dari 50 jenis minuman kopi dari seluruh dunia. Jadi di masa pandemic seperti ini, menikmati kopi nikmat kini bisa dilakukan di rumah saja tanpa repot pergi ke luar.