Apa Yang Spesial Dari Kopi Hijau?

Apa Yang Spesial Dari Kopi Hijau?

Others

Kopi hijau sempat menjadi kopi yang cukup diminati. Beberapa produsen kopi siap seduh bahkan minum, menyajikan kopi hijau sebagai varian produk mereka. Kopi ini sendiri menjadi kopi yang viral karena dikatakan kaya akan manfaat dibandingkan manfaat kopi hitam. Dimana kopi hijau dikatakan kaya akan antioksidan dibandingkan kopi hitam. Benarkah demikian?

Kopi hijau atau green coffee merupakan jenis kopi yang tidak melalui proses penyangraian ketika dikonsumsi. Dengan penghilangan proses ini maka kopi masih nampak hijau dan rasanya lebih ringan dibandingkan dengan kopi hitam. Seperti yang diketahui, kopi hitam melalui proses penyangraian atau roasting sebelum akhirnya dijadikan bubuk kopi. Sebab itu, karena tidak melalui proses sangrai atau roasting ada beberapa kandungan kopi yang masih bagus dan utuh sehingga memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan manfaat kopi hitam sendiri.

Proses roasting sendiri memiliki efek terhadap beberapa komponen dalam kopi. Salah satunya adalah aroma kopi. Kopi hitam memiliki aroma yang khas dan pekat serta tajam berkat roasting. Namun, kopi hitam memiliki aroma mild dan cenderung alami serta tidak tajam. Bahkan saat diseduh pun aromanya tidak seharum kopi hitam. Sebab itu, ada keunggulan dibalik manfaat kopi hitam maupun kopi hijau ketika ditilik lebih dalam. Apa sajakah itu? Simak jawabannya berikut.

  •         Kandungan kafein

Kafein merupakan salah satu senyawa yang ada pada kopi. Kadar kafein setiap kopi berbeda tergantung jenis dan juga proses pengolahannya. Seperti kadar kafein pada kopi hijau yang lebih rendah dibandingkan kopi hitam. Hal ini dikarenakan kopi hitam mengalami proses roasting yang memperkuat keberadaan kafein. Jadi, kopi hijau lebih aman dan nyaman dikonsumsi namun kaya manfaat kopi hitam.

  •         Kandungan senyawa

Banyaknya proses yang dilalui suatu bahan saat diolah bisa mengurangi kandungan dalam bahan pangan tersebut. Kopi hijau yang melalui proses pengolahan lebih minimal kaya akan polifenol dan klorogenat. Kandungan klorogenat bagus untuk kesehatan liver karena membantu proses pembakaran lemak. Kandungan ini akan rusak saat proses roasting dilakukan. Sehingga kopi hijau lebih mengandung lebih banyak kebaikan untuk tubuh.

  •         Perbedaan profil rasa

Proses pemanggangan bisa meningkatkan kualitas rasa dan kekentalan kopi serta aroma. Kopi hijau cenderung sedikit sepat dengan aroma yang tidak tajam. Rasa kopinya pun cenderung untuk lebih mild dibandingkan dengan kopi umumnya. Body kopi hijau lebih mild dengan rasa pahit yang cenderung rendah.

Banyak yang mengonsumsi kopi hijau untuk menurunkan berat badan. Kopi hijau memang menghambat pembentukan lemak bila dikonsumsi sesuai takaran. Namun, mengonsumsi makanan bergizi dan berolahraga lebih disarankan untuk mendukung program diet. Konsumsi kopi yang disarankan sendiri dalam sehari adalah 2 – 4 cangkir kopi saja. Lebih baik lagi jika konsumsinya tanpa diberikan tambahan gula ataupun susu.